Minggu, 18 Februari 2018

Cara Memasak Nasi Liwet Khas Solo Dan Sayur Labu Siam

Cara Memasak Nasi Liwet Khas Solo Dan Sayur Labu Siam - Nasi liwet merupakan menu tradisional Indonesia yang berasal dari Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Pertama kali dijual oleh sosok Mbah Karto di daerah Keprabon, nasi liwet kini memiliki versi lain di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sunda dan Sumatera. Secara teknis, soal bumbu sama, namun biasanya berbeda pada lauk pendampingnya.

Nasi Liwet Khas Solo
Meskipun nasi liwet kini telah memiliki beragam versi berbeda di masing-masing daerah karena menyesuaikan dengan selera penduduk lokal, nasi liwet Solo sebagai pelopor tentu memiliki rasa otentik yang selalu dirindukan. Cita rasa nasi liwet sendiri dominan gurih dengan aroma yang sangat sedap, terutama bila dinikmati menggunakan piring dari daun pisang.
cara bikin nasi liwet solo, nasi liwet magicom, resep nasi liwet komplit, cara membuat nasi liwet di kompor cara membuat nasi liwet sederhana, lauk pendamping nasi liwet, cara membuat nasi liwet tradisional cara membuat nasi liwet ikan teri
Cara bikin nasi liwet solo
Resep Dan Cara Memasak Nasi Liwet Khas Solo
Dahulu, nasi liwet diproses menggunakan wadah kuali dan juga tungku yang memberikan cita rasa tersendiri, namun karena sekarang teknologi lebih maju, supaya praktis sebaiknya menggunakan penanak nasi atau magic com saja. Berikut ini adalah resep serta cara memasak nasi liwet khas solo praktis namun tidak mengurangi kelezatannya :

Resep Nasi Liwet Khas Solo
Bahan-bahan :
  • Beras 
Sebagai sumber karbohidrat sekaligus pangan utama masyarakat Indonesia, beras kini tidak hanya diolah sebagai nasi putih saja, tetapi juga dapat dijadikan nasi goreng, maupun nasi liwet. Beras yang bagus untuk nasi liwet adalah yang memiliki tekstur pulen.

cara bikin nasi liwet solo, nasi liwet magicom, resep nasi liwet komplit, cara membuat nasi liwet di kompor cara membuat nasi liwet sederhana, lauk pendamping nasi liwet, cara membuat nasi liwet tradisional cara membuat nasi liwet ikan teri

  • Pete
Pete secara teknis termasuk sayuran. Biasanya, pete dijadikan teman untuk menikmati sambal terasi, sebagai lalapan. Pete mengandung antioksidan tinggi yang berguna menangkal radikal bebas. Tetapi efek sampingnya adalah bau menyengat ketika membuang gas.
  • Ikan asin
Ikan asin merupakan menu pendamping saat menikmati menu penyetan sambal atau lauk wajib untuk nasi jagung dan nasi liwet. Kaya akan yodium, ikan asin bagus untuk meningkatkan daya ingat. Tetapi, bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi kurang disarankan karena dapat membuat tekanan darah melonjak.

Bumbu :
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabai merah besar
  • Cabai hijau besar
  • Daun salam
  • Serai
  • Minyak goreng
  • Gula
  • Garam
Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo :
  1. Cuci bersih beras di dalam pan magic com yang akan digunakan.
  2. Iris tipis-tipis bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, dan cabai hijau besar.
  3. Panaskan penggorengan dan minyak, lalu tumis bumbu iris disusul dengan pete dan ikan asin hingga menguarkan aroma harum.
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Perkirakan juga cukup untuk memberi rasa pada nasi, jadi jika bumbu terasa agak terlalu manis dan asin biarkan saja karena nantinya berguna untuk memberikan rasa yang pas pada nasi.
  5. Matikan kompor dan masukkan bumbu tumis berikut pete dan ikan asin tersebut ke pan magic com.
  6. Tuangkan air sesuai takaran saat memasak nasi seperti biasanya, lalu nyalakan penanak nasinya.
  7. Tunggu hingga matang, sajikan dalam keadaan hangat dengan lauk
  8. Supaya rasanya lebih nikmat, usahakan untuk menyajikan di atas daun pisang, karena lembaran daun tersebut dapat membuat aroma nasi liwet lebih harum dan rasanya pun lebih nikmat.
Lauk Pendamping Nasi Liwet Solo

Khusus nasi liwet khas Solo, komposisi lauk pendampingnya dari dulu hingga kini tidak pernah berubah, yakni sayur labu siam alias jipang, telur pindang, suwiran ayam goreng, dan juga santan areh. Karena santan areh tersebut maka nasi liwet solo tidak dimasak menggunakan santan, tetapi dituangi kuah santan matang berbumbu saat dimakan.

Sayur Labu Siam
Sebagai lauk utama dari nasi liwet Solo yang tidak boleh ditinggalkan, maka sayur labu siam juga wajib dibuat serta bersama dengan nasi liwetnya. Sebab, liwet Solo tidak akan sama bila tidak menyertakan sayur labu siam atau yang juga disebut Jipang tersebut. Sayur labu siam merupakan bercita rasa manis dan gurih.

Resep Dan Cara Membuat Sayur Labu Siam
Sayur labu siam dulunya dibuat sebagai menu lauk utama dari nasi liwet Solo karena bahan bakunya yang sangat mudah didapat, utamanya labu siam sebagai bahan utama. Berikut ini adalah resep berikut cara pembuatan sayur labu siam atau sayur jipang yang mudah dan enak. 

Resep Sayur Labu Siam
cara bikin nasi liwet solo, nasi liwet magicom, resep nasi liwet komplit, cara membuat nasi liwet di kompor cara membuat nasi liwet sederhana, lauk pendamping nasi liwet, cara membuat nasi liwet tradisional cara membuat nasi liwet ikan teri
Nasi liwet magicom

Bahan-bahan :
  • Labu siam
Labu siam dan labu kuning secara teknis merupakan saudara dengan cita rasa yang kurang lebih sama, tetapi labu kuning lebih manis. Sebab itu, labu siam dijadikan bahan untuk sayuran, sedangkan labu kuning untuk kue dan juga kolak. Kedua labu tersebut sama-sama kaya akan serat dan bagus untuk diet.
  • Santan
Santan merupakan salah satu bahan yang hampir tidak pernah ketinggalan untuk makanan dari tanah Minang dan Jawa karena sama-sama memiliki tekstur kuah yang kental di mana hanya dapat dihasilkan oleh santan, sekaligus memberikan cita rasa gurih yang kuat. Sayangnya, santan mengandung lemak jenuh tinggi yang menyebabkan kolesterol.

Bumbu :
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Daun salam
  • Serai
  • Lengkuas
  • Gula
  • Garam
  • Cabai rawit

Cara Membuat Sayur Labu Siam :
  1. Kupas labu siam dan cuci bersih, lalu iris memanjang. Jika ingin lebih mudah, sekarang sudah banyak alat perajang labu yang dijual di pasaran. Lumuri secara merata dengan garam secukupnya dan remas hingga teksturnya menjadi lemas.
  2. Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, lalu tumis bersama dengan serai dan lengkuas yang sudah digeprek. Tinggalkan cabai rawit, biarkan tetap utuh dan segar.
  3. Tambahkan labu siam ke dalam tumisan, disusul dengan santan. Tunggu sampai tekstur labu siam empuk.
  4. Masukkan cabai rawit dan masak hingga tekstur santan mengental. Terus aduk-aduk pelan agar santan tidak pecah.
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Matikan kompor dan sajikan.
Manfaat Mengonsumsi Nasi Liwet Khas Solo

Nasi liwet khas Solo merupakan menu makanan murah meriah dengan cita rasa lezat dan kaya akan manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari mengonsumsi nasi liwet khas Solo  bagi kesehatan :
  • Rendah kolesterol
Nasi liwet dengan lauk pendampingnya masing-masing sangat rendah kolesterol di mana bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes, hipertensi, dan juga obesitas. Dibandingkan dengan nasi putih biasa, karbohidrat yang dihasilkan nasi liwet mengandung lebih sedikit lemak jenuh sehingga resiko untuk kesehatan pun lebih sedikit. Kandungan lemak tak jenuh yang lebih tinggi tersebut juga sangat bagus untuk diet.
  • Nutrisi tercukupi
Nasi liwet memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh karena melalui hidangan nasi berikut lauk pauknya sudah memenuhi standar makanan empat sehat, di mana hanya memerlukan tambahan susu untuk menjadi lima sempurna.
  • Energi bertahan lebih lama
Energi yang dihasilkan oleh nasi liwet juga bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan nasi putih biasa mengingat kandungan gula dari nasi liwet yang lebih boros saat menjadi sumber energi lebih sedikit.



 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs