Sabtu, 17 Februari 2018

Resep Cara Memasak Ayam Kecap

Resep Cara Memasak Ayam Kecap - Ayam kecap merupakan menu makanan hasil perpaduan dari daging ayam dengan kecap manis. Perpaduannya kemudian menghasilkan banyak variasi makanan dengan menjadikan kedua bahan tersebut sebagai bahan utama, seperti ayam bakar bumbu kecap, ayam kecap saos mentega, hingga semur ayam kecap. Cita rasa daging ayam berpadu sempurna dengan manisnya kecap.

Ayam Kecap Original
Varian original dari ayam kecap ini benar-benar menonjolkan kelezatan dari daging ayam yang berbalut rasa manis dari kecap. Proses pengolahannya pun relatif cepat sehingga cocok digunakan sebagai bekal buah hati di sekolah dan tetap nikmat meski dijadikan santapan ketika makan siang tanpa perlu dipanaskan lebih dahulu.
resep ayam kecap pedas, resep ayam kecap bango, resep ayam kecap sederhana, resep ayam semur, resep ayam goreng kecap, ayam kecap manis, resep ayam kecap mentega
Resep ayam kecap sederhana
Resep Ayam Kecap Original

Bahan-bahan :
  • Daging ayam
Usahakan memilih bagian daging yang tidak banyak mengandung lemak, terutama menyingkirkan bagian kulit karena kandungkan kolesterolnya terlalu tinggi sehingga dapat memicu penyakit komplikasi.
  • Kecap manis
Kecap berasal dari kedelai hitam pilihan dan memiliki rasa manis yang alami tanpa tambahan gula. Kecap dapat dinikmati langsung sebagai saos cocol saat menyantap bakso atau gorengan. Kecap juga kaya akan protein nabati yang bagus untuk diet.
resep ayam kecap pedas, resep ayam kecap bango, resep ayam kecap sederhana, resep ayam semur, resep ayam goreng kecap, ayam kecap manis, resep ayam kecap mentega
Resep ayam kecap pedas

Bumbu :
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Cabai rawit
  • Merica
  • Gula
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Air putih
Cara Memasak Ayam Kecap Original
  1. Cuci bersih ayam dan potong-potong di mana ukurannya tergantung selera.
  2. Rebus daging ayam yang sudah dipotong-potong tersebut hingga matang dengan bumbu geprekan bawang putih dan garam secukupnya. Angkat dan tiriskan.
  3. Iris tipis-tipis bawang putih, bawang bombay, dan juga cabai rawit. Serta haluskan merica.
  4. Tumis bumbu yang sudah diiris berikut merica halus hingga aroma harum tumisan bumbu menguar.
  5. Masukkan daging ayam yang sudah direbus berikut dengan kecap manis.
  6. Tambahkan gula dan garam sesuai selera dan tunggu hingga daging ayam berubah warna menjadi hitam kecokelatan.
  7. Matikan kompor dan sajikan ayam kecap original bersama dengan nasi hangat.
Ayam Kecap Padang
Meski tidak diketahui pasti dari mana menu ayam kecap berasal, tetapi berbagai daerah di Indonesia memiliki versi ayam kecap yang berbeda. Contohnya ayam kecap Padang yang memiliki kuah lebih kental dan rasa rempah yang lebih kuat. Selain dijual di rumah makan Padang, ayam kecap juga merupakan sajian wajib untuk pernikahan.
resep ayam kecap pedas, resep ayam kecap bango, resep ayam kecap sederhana, resep ayam semur, resep ayam goreng kecap, ayam kecap manis, resep ayam kecap mentega
Resep ayam semur

Resep Ayam Kecap Padang

Bahan-bahan :
Daging ayam
Kecap manis
Asam kesturi
Asam kesturi merupakan cairan asam yang dihasilkan dari jeruk kalamansi. Kandungan vitamin C jeruk yang merupakan buah epidemik di Bengkulu ini sangat tinggi, di mana bagus untuk ketahanan tubuh dan perawatan kulit, tetapi tidak dianjurkan bagi penderita maag karena dapat meningkatkan asam lambung secara drastis.

Bumbu :
  • Biji pala
Rempah yang satu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, sebagai komoditas rempah nomor satu pada zaman kolonial Belanda. Saat ditambahkan dengan bahan makanan, rempah yang banyak tumbuh di Maluku ini akan memberikan efek rasa hangat alami yang menjalar ke seluruh tubuh.
  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Kemiri
  • Daun jeruk
  • Cabai rawit hijau
  • Margarin
  • Gula
  • Garam
  • Air putih
Cara Membuat Ayam Kecap Padang
resep ayam kecap pedas, resep ayam kecap bango, resep ayam kecap sederhana, resep ayam semur, resep ayam goreng kecap, ayam kecap manis, resep ayam kecap mentega
Ayam kecap mentega
  1. Ungkep bawang dengan bumbu instan yang mudah didapatkan di pasaran supaya lebih praktis daripada harus menyiapkan bumbu ungkep sendiri. Pastikan mengungkep sampai daging ayam cukup empuk.
  2. Iris bawang bombay dan cabai rawit hijau dengan cara menyamping.
  3. Haluskan bawang putih, biji pala, dan kemiri.
  4. Panaskan margarin dan tumis daun jeruk, bumbu iris, berikut bumbu halus hingga harum.
  5. Masukkan daging ayam ungkep, disusul kecap manis dan asam kesturi.
  6. Aduk-aduk dan masak dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna.
  7. Cek rasa dengan menambahkan gula dan garam sesuai dengan selera.
  8. Setelah kuah cukup mengental, matikan kompor dan sajikan ayam kecap Padang di meja makan.
Manfaat Konsumsi Ayam Kecap
Wajar kiranya bila ayam kecap menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Selain dikarenakan pembuatannya yang mudah dengan bahan dan bumbu yang dijual bebas di pasaran, ayam kecap juga memiliki cita rasa yang lezat dan kaya manfaat berkat kombinasi dua bahan utamanya yang saling melengkapi.

Manfaat Konsumsi Daging Ayam
Sebagaimana telah diketahui oleh masyarakat luas bahwa daging ayam merupakan sumber protein hewani yang utama di atas daging sapi maupun kambing. Dari segi harga pun, daging ayam jauh lebih terjangkau oleh berbagai kalangan. Rasa dagingnya yang lezat dan kemudahan pengolahannya membuat daging ayam tidak mudah terganti.
  • Meminimalisir resiko terkena anemia
Daging ayam memiliki kandungan zat yang membantu memperlancar produksi sel darah merah. Kekurangan sel darah merah atau anemia dapat dicegah ataupun diatasi bagi yang sudah terlanjur mengidapnya dengan cara mengonsumsi rutin daging ayam.
  • Rendah lemak
Meskipun di bagian kulit dan beberapa titik lain daging ayam memiliki tingkat lemak jenuh atau lemak jahat yang tinggi sehingga memicu kolesterol yang berbahaya bagi mereka yang terlanjur terkena penyakit komplikasi, tetapi banyak bagian pula yang sangat rendah lemak, terutama bagian dada.
Sebab itu, para selebriti atau atlet sangat dianjurkan mengonsumsi dada ayam rebus ketika tengah menjalani diet, karena kandungan lemak tak jenuh pada bagian tersebut membantu mengenyangkan lebih cepat dan mengubahnya menjadi sumber energi yang lebih hemat dibandingkan dari daging ayam goreng. Dengan demikian, berat badan pun dapat stabil.
  • Menguatkan otot
Alasan lain dari para olahragawan rajin mengonsumsi daging ayam, utamanya bagian dada, adalah karena daging unggas tersebut memiliki zat yang bagus untuk menguatkan dan membesarkan otot.
  • Menguatkan persendian tulang
Daging ayam memiliki kandungan zat besi tinggi yang mana kandungan tersebut dibutuhkan untuk persendian. Mengonsumsi daging ayam secara teratur dapat membantu menguatkan sekaligus mengatasi masalah-masalah persendian yang terlanjur muncul.

Manfaat Konsumsi Kecap Manis
Kecap manis diolah dari kedelai hitam yang merupakan sumber protein nabati alami dan bersaudara dengan kedelai putih yang menjadi bahan utama pembuatan tempe serta tahu. Kedelai hitam sudah memiliki rasa manis alami dan dijadikan sebagai pengganti gula dalam pengolahan masakan, sekaligus pewarna hitam tanpa campuran bahan kimia.
  • Menguatkan rasa masakan
Kecap manis saat bercampur dengan bahan makanan dapat menetralisir dengan baik rasa asam maupun asin yang berlebih sehingga rasa masakan juga menjadi lebih kuat dan enak tanpa memerlukan tambahan penyedap atau vetsin.
  • Kaya vitamin A
Kedelai hitam yang menjadi bahan baku utama kecap manis memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi yang baik untuk kesehatan penglihatan. Proses pengolahannya menjadi kecap tidak menghilangkan sedikitpun kandungan gizinya. Mengonsumsi secara rutin dapat meminimalisir terkena penyakit penglihatan ringan hingga berat. 

 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs