Senin, 26 Maret 2018

Cara Memasak Makanan Yang Sehat Dan Bergizi

Cara Memasak Makanan Yang Sehat Dan Bergizi - Makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi tentu sangat di perlukan untuk pertumbuhan terutama bagi anak-anak, oleh sebab itu dalam setiap harinya mengkonsumsi makanan yang sehat menjadi sebuah prioritas utama yang tidak bisa diabaikan. Sebuah makanan yang masuk ke dalam tubuh nantinya bisa mempengaruhi kesehatan seseorang, jika gemar mengkonsumsi makanan yang tak sehat maka kemungkinan besar orang tersebut akan mudah terserang penyakit.

Makanan yang sehat tak harus selalu mahal, makanan yang sehat bisa di lihat dari jumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Saat anda mengkonsumsi makanan sehat tentu kesehatan tubuh akan semakin terjaga, khususnya untuk anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan. Mengkonsumsi makanan sehat tentu sangat di anjurkan karena dapat mempengaruhi masa depan mereka.
cara memasak yang benar, cara memasak sayur yang sehat, cara menumis sayur yang sehat, bagaimanakah cara memasak yang benar, teknik memasak yang sehat,cara memasak ikan yang sehat
Cara memasak makanan yang sehat
Menyajikan makanan yang sehat tentu cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja memasak makanan yang sehat memerlukan ketelitian supaya kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tidak hilang sia-sia. Memasak makanan yang sehat wajib disajikan mulai dari sarapan pagi hingga makan malam, menu yang harus di siapkan pun tentu selalu berbeda setiap harinya.

Misalkan saja untuk sarapan bisa di sedikan roti gandum yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi di tambah dengan segelas susu dan buah-buahan. Sedangkan pada saat siang hari, anda bisa menyajikan makanan berat yang terdiri dari nasi, sayur dan lauk-pauk. lauk pauk yang harus di siapkan tak perlu mahal dan mewah. Cukup dengan tahu, tempe, telur atau pun telur cukup memenuhi takaran gizi setiap harinya.
cara memasak yang benar, cara memasak sayur yang sehat, cara menumis sayur yang sehat, bagaimanakah cara memasak yang benar, teknik memasak yang sehat,cara memasak ikan yang sehat
Cara memasak makanan yang sehat
Banyak orang yang kini mulai mengabaikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, dan tak heran jika mulai banyak orang terkena berbagai jenis penyakit akibat pola makan yang tak sehat seperti banyak mengkonsumsi junk food yang jelas tidak sehat. selain itu kurangnya olahraga juga mampu menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti kangker, penyakit jantung dan lain sebagainya.

Bagi para penderita penyakit jantung, sebisa mungkin harus menghidari makanan yang mengadung lemak jahat atau biasa disebut lemak trans. selain itu sangat perlu mengurangi asupan sodium dalam setiap sajian makanan untuk mengontrol tekanan drarah dalam tubuh.

menentukan makanan yang sehat tentu cukup sulit karena anda harus lebih selektif dalam memilih makanan, baiknya anda menghindari makanan ringan, makanan olahan serta makanan yang di buat melalui proses pemanggangan serta makanan yang di goreng. 

Cara Efektif Memasak Makanan Yang Sehat

Sebelum memasak sebuah sajian makanan yang sehat, tentu kita harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan makanan apa yang akan kita gunakan untuk di masak, sayuran yang di pilih tentunya harus yang masih fresh sehingga kandungan gizi dalam sayuran tersebut masih bisa di dapatkan. berikut cara yang efektif untuk memasak makanan yang sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Sup Bayam Brokoli
Siapa yang tak kenal hidangan yang satu ini, tentu anda cukup familiar dengan olahan rumah sup bayam brokoli bukan? sayuran ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. dalam seikat sayur bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi, mineral fitonutrisi, kalium, kalsium, tembaga, fosfor dan seng.

Bayam sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melawan sel kangker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan tulang selain itu bayam juga mengandung anti inflamasi yang cukup tinggi. sedangkan brokoli memiliki banyak zat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti asam folat, vitamin B6, kalsium, vitamin B9, vitamin A, Vitamin K.

Brokoli terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah penyakit kangker, brokoli juga berfungsi sebagai anti oksidan alami yang cukup kuat, brokoli jika di konsumsi secara rutin sangat baik untuk kesehatan mata. memasak sup bayam brokoli cukup mudah untuk dilakukan sehingga bisa disebut sebagai masakan rumah yang menyehatkan.
cara memasak yang benar, cara memasak sayur yang sehat, cara menumis sayur yang sehat, bagaimanakah cara memasak yang benar, teknik memasak yang sehat,cara memasak ikan yang sehat
Resep sup bayam brokoli
Bahan-Bahan Sup Bayam Brokoli
  • Satu ikat daun bayam
  • 2 buah brokoli yang di potong
  • 1 buah wortel
  • 3 Siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah yang di iris tipis
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang daun bawang
  • minyak goreng untuk menumis
  • Garam dapur berzodium
  • Minyak sayur secukupnya
  • air secukupnya

Cara Memasak Sup Bayam Brokoli
  1. Pertama haluskan bumbu bawang putih namun bisa juga di geprek
  2. selanjutnya panaskan minyak untuk menumis, kemudian irisan bawnag merah dan tumis hingga harum lalu masukkan bawang putih yang di haluskan atau digeprek
  3. Tunggu sampai tercium aroma harum kemudian masukkan air secukupnya
  4. setelah air rebusan mendidih, masukkan wortel yang telah di potong dan dibersihkan
  5. kemudian brokoli, daun seledri, daun bawang dan garam
  6. aduk hingga merata. setelah brokoli sedikit empuk, masukkan daun bayam
  7. Dan tunggu sebentar hingga sayur matang
  8. Sup bayam brokoli siap untuk disajikan

Omelete Sayur Sehat
Omelete memang menjadi makanan andalan untuk sarapan, tentu omlete sayur ini mengandung gizi yang cukup tinggi apalagi di tambah dengan sayuran dan keju. omelete sayur ini sangat cocok untuk di konsumsi putra putri anda sebagai bekal sarapan yang sehat. bahan-bahan yang di gunakan cukup sederhana, proses memasaknya pun terbilang cukup mudah.
cara memasak yang benar, cara memasak sayur yang sehat, cara menumis sayur yang sehat, bagaimanakah cara memasak yang benar, teknik memasak yang sehat,cara memasak ikan yang sehat
Resep omelet sayur

Bahan-Bahan Omelete Sayur Sehat
  • 3 butir  Telur ayam kampung
  • 1 buah wortel yang di iris kecil-kecil
  • setengah butir bawang bombai
  • garam dapur yang beryodium secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • keju chedar
  • mentega secukupnya

Cara Membuat Omelete sayur sehat
Pertama kocok telur dan di campur dengan sedikit garam dan lada bubuk
kemudian masukkan potongan wortel, irisan bawang bombai dan aduk hingga layu
Setelah itu bisa di goreng dengan menggunakan margarin
Jika telur dadar sedikit agak matang, taburi dengan keju chedar di bagian atasnya
masak hingga telur benar-benar matang sempurna
Omelete Sayur sehat siap untuk di hidangkan

Sate Tempe Campur Sayur
Sate biasanya hanya terbuat dari daging kambing, kelinci dan ayam. namun untuk membuat masakan yang sehat anda bisa mengganti daging dengan tempe. Rasanya pun cukup lezat bahkan di sukai anak-anak. terlebih sate ini disajikan dengan tambahan sayur yang bergizi.
cara memasak yang benar, cara memasak sayur yang sehat, cara menumis sayur yang sehat, bagaimanakah cara memasak yang benar, teknik memasak yang sehat,cara memasak ikan yang sehat
Resep sate tempe campur sayur
Bahan-bahan Sate Tempe
  • 4 papan tempe sebagai bahan utama
  • wortel yang di parut
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 3 siung bawang merah yang di cincang halus
  • 100 gram daging ayam yang telah dicincang atau di giling
  •  1 sendok makan tepung terigu
  • 50 gram keju chedar
  • garam dapur yang beryodium
  • lada bubuk
  • margarin atau minyak untuk menumis

Cara Membuat Sate Tempe
  1. Kukus tempe yang telah di potong kemudian jika telah matang hancurkan sampai halus
  2. panaskan wajan kemudian beri margarin atau minyak goreng untuk menumis.
  3. masukkan bawang merah dan bawang putih yang di cincang dan tumis sampai benar-benar harum
  4. kemudian masukkan daging ayam yang telah di cincang halus dan aduk-aduksampai semua bumbu tercampur rata
  5. jika bumbu telah matang masukkan daging ayam tadi dalam tempe yang telah dihaluskan
  6. kemudian aduk hingga rata lalu bentuk adonan dan goreng dalam minyak panas
  7. jika telah matang, angkat dan tunggu hingga adonan dingin kemudian tusukkan pada tusukan sate
  8. Sate tempe sayur siap sajikan.
Baca juga : Cara memasak nasi goreng yang enak ala rumahan
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs